Senin, 02 Februari 2015

JEBAKAN IBLIS

Diriwayatkan bhw iblis menampakkan dirinya kpd Yahya bin Zakariya dg membawa beberapa buah sendok. Yahya bertanya kpdnya, "Utk apakah sendok-sendok ini?"

Iblis menjwb, "Ini adlh syahwat yg aku gunakan utk menjebak anak keturunan Adam."

Yahya bertanya kpdnya, "Apakah engkau mendptkan sesuatu dari jebakan atau diriku?"

Ia menjwb, "Ya, tadi malam engkau kenyang, lalu aku menjadikanmu berat utk melakukan shalat Tahajjud."

Yahya berkata, "Aku pasti tdk akan mengenyangkan perutku lagi selamanya."

Iblis berkata, "Aku pasti tdk akan memberi nasihat (saran) kpd siapa pun setelah saranku ini kpdmu."

[Dinukil dari Kitab Ash-Shalaatu wat Tahajjud (hal. 320)]

Wahab bin Munabih berkata, "Tdk ada anak keturunan Adam yg lebih DISUKAI syaithan selain tukang makan & tukang tidur." [Az-Zuhd oleh Imam Ahmad, (hal. 373).

Mis'ar bin Kadam berkata:

وَجَدْتُ الْجُوْعَ يَطْرُدُهُ رَغِيْفُ
وَمَلَءَ الْكَفُّ مِنْ مَاءِ الْفُرَاتِ
وَقَلَّ الطَّعَمُ عَـوْنٌ لِلْمُصَلِّـي
وَكَثْرُ الطَّعَمِ عَوْنٌ لِلسَبَّاتِ

Aku temukan rasa lapar dpt disingkirkan dg roti & segenggam air sungai Eufrat..
Sedikit makanan dpt membantu org yg shalat & banyak makanan justru membantu org2 yg suka mencela....
[Al-Hilyah (VII/219)]

Semoga Allah senantiasa melindungi kita sekeluarga dari jebakan2 iblis laknatullah... Aamiin

Tidak ada komentar: