Rabu, 22 April 2015

RAJA & 4 ISTRINYA


Seorg raja memiliki 4 org istri. Sang raja sangat mencintai istri yg ke 4, cinta yg tergila-gila. Bahkan dia trus berupaya mendapatkan ridhanya.

Adapun istri yg ke-3, jg sangat dicintainya. Tp dia merasa sang istri ini berpotensi mninggalkannya & menikah dg lelaki lain.

Adapun istri yg ke-2, adlh tumpuannya slama ini dlm susah & duka. Dialah yg slalu mmperhatikan suaminya & berada disampingnya dikala sempit.

Adapun istri ke-1, sering diabaikannya, tdk dirawatnya & tdk ditunaikan hak2nya. Padahal dialah istri yg paling mencintainya, & berperan maksimal dlm menjaga kerajaannya.

Suatu hari sang raja jatuh sakit dan merasa ajalnya sdh dkt. Dia merenung & berkata kpd dirinya: Aku punya 4 istri. Aku tdk mau sendirian masuk ke dlm kubur.

Maka dia tanya istri yg ke 4: Engkaulah istri yg paling aku cintai dari semua istri2ku. Dan aku penuhi semua keinginan & permintaanmu. Skrg, maukah kamu menemani aku di kubur & menghiburku? Istri ke 4 mnjwb: "Mustahil aku lakukan itu". Ia pun brlalu mninggalkan suaminya & tdk peduli.

Dipanggilnyalah istri ke 3: "Aku mencintaimu spenuh hidupku. Maukah kamu menemaniku di kuburku?"
Istri ke 3 menjwa: "O pastilah aku gak mau. Kehidupan sepeninggalmu terlalu indah. Aku akan kawin dg lelaki lain...."

Lalu dia panggil istri ke 2: Aku dulu slalu bersandar kpdmu dikala susah. Dan engkau slalu berkorban utkku. Maukah kamu menemaniku di kuburku?
Istri ke 2 mnjwb: "Maafkan daku, aku gak bs mnemanimu. Tp aku akan antarkanmu sampai ke liang kuburmu.."

Raja sangat sedih skali, krn semua istrinya tlah durhaka kpdnya. Tiba2 ada suara dr kejauhan, berkata: "Aku akan mnemanimu di kuburmu, aku kan slalu bersamamu kemanapun kau pergi...!"

Sang raja menengok ke arah suara, rupanya istrinya yg pertama, kondisinya sangat kurus, lemah & sakit, krn tlah disia-siakannya. Mk sang raja pun menyesal atas buruknya perhatiannya kpd sang istri pertama.

Suami berkata: "Sharusnya aku lebih memperhatikanmu ketimbang yg lain. Klu wkt bisa kembali, niscaya engkaulah yg paling aku perhatikan dari seluruh istriku.

Sbenarnya wahai saudara tercinta, semua kita punya 4 istri.

Yg ke 4 itu adlh JASAD kita. Betapapun kita mmperhatikannya, memperturutkan syahawatnya, ia akan sgr mninggalkan kita begitu mati.

Yg ke 3 adlh HARTA & ASET kita. Ketika kita mati ia akan pergi berpindah tgn kpd pemilik yg lain.

Yg ke 2 adlh KELUAGA & TEMAN2, betapapun pengorbanannya kpd kita selama hidup, mk saat mati takkan lebih pengorbanannya dr mengantarkan ke kuburan.

Yg PERTAMA adlh AMAL shaleh. Kita terlanjur sibuk & lalai dari memberinya makan & perhatian, demi memenuhi syahawat, harta, & teman2 kita. Padahal amalan kitalah satu2nya yg akan bersama kita dlm kubur.

Kira2, seandainya amalanmu hari ini tampil dihdpanmu dlm bentuk manusia, bagaimanakah kira2 bentuknya? Kurus, lemah & terlantar? Ataukah kuat, atletis & terurus?

Tidak ada komentar: